NOOR ALY||CAMAT KANIGARAN MEMBUKA PELATIHAN OLAHAN DASAR PEMBUATAN MINUMAN POKAK||POKMAS RENGGANIS

  • Jun 04, 2024
  • mas oman
  • Seputar Pemerintahan, Seputar Event , Seputar Edukasi

Bertempat di Rumah Makan Ledhuk ( Dimsum Ledhuk ) yang beralamatkan di Jalan Basuki Rahmad kel.Mangunharjo Kec. Mayangan Kota Probolinggo dilaksanakannya kegiatan pelatihan dasar olahan makanan dan minuman bagi masyarakat ( minuman pokak ) yang menjadi pelaksana kegiatan yaitu pokmas Rengganis kelurahan Kebonsari Kulon.

Kegiatan ini juga melibatkan dari Dinas Sosial Kota Probolinggo dikarenakan para peserta pelatihan adalah teman teman dari difabel (disabilitas) di wilayah kelurahan Kebonsari Kulon. Sebelum acara seremonial dimulai, karena sesuai rencana dari Pokmas Rengganis, kegiatan akan dibuka oleh Bapak Noor Aly ,Camat Kanigaran,dikarenakan beliau maish ada kegiatan di Kecamatan Kanigaran bersama Pj. Walikota Probolinggo ,Nurkholis . untuk itu ,kegiatan bisa dimulai terlebih dahulu dari nara sumber Dinas Sosial Kota Probolinggo. Ibu Fenny Amalia SE. dari Dinas Sosial Kota Probolinggo ,memulai presentasi nya dengan materi tentang wirausaha mengsinkronkan dengan tema pelatiahan yaitu pembuatan minuman pokak. Teman teman Difabel diperlihatkan tentang teman difabel yang lainnya .sudah sukses secara mandiri dalam menngebangkan wirausahanya.

Dengan keterbatasan fisik ataupun lainnya pasti ada keistimewaan yang di punyai,karena semua ciptaan Tuhan itu sama dan adil , hanya beda fisik tapi rezeki yang diberikan Tuhan samarata kepada makhluknya. Ditengah tengah presentasi dari Ibu Fenny , hadir bapak Noor Aly,Camat Kanigaran . sehingga berhenti sebentar untuk mengikuti seremonial pembukaan kegiatan. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh para hadirin yang berada di RM.Ledhuk ( Dimsum Ledhuk ) . Dilanjutkan dengan pembacaan laporan kegiatan oleh Ketua Pokmas Rengganis yaitu Ibu Ida Hidayati. Hadir dalam kegiatan diantaranya Bapak Ikromi Lurah Kebonsari Kulon,3Pilar ,Ketua LPM,Ketua KIM,Ketua Karang Taruna dan anggota.

Dalam laporannya Ibu Ida menyampaikan bahwa kegiatan ini diperlukan biaya sebesar 25 juta 273 ribu 5 ratus Rupiah yang berasala dari Dana Alokasi Umum Anggaran Pendapatan Belanjan Daerah Kota Probolinggo pada Dana Anggaran Keluarahan Tahun 2024.

Tiba waktunya Bapak Noor Aly membuka kegiatan,tapi sebelumnya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sungguh luar biasa,dengan anggaran yang besar ,dua puluh lima juta ,manfaatkan sebaik mungkin ,sehingga pelatihan ini bisa bermafaat bagi masyarakat dan selanjutnya hasilnya nantinya bisa dijual secara online hanya dengan alat HP Android ,bisa berjualan ,tidak harus membuka toko dan lain sebagainya serta dengan persaingan yang sangat ketat,apa kiat kiat yang bisa dilakukan untuk bisa menjual produk dengan baik dan untungnya besar.

Disamping itu juga jika ada event event kegiatan kecamatan atau pun OPD lainnya,,produk dari UMKM Kelurahan Kebonsari Kulon bisa ikut dijual disana, sehingga berharap jualannya bisa laku dan diminati oleh para konsumen.Setelah penyambutan sepatah dua kata,Bapak Noor Aly membuka secara resmi kegiatan Pelatihan dasar olahan makanan dan minuman bagi masyarakat ( minuman pokak ) dan di akhir dengan foto bersama. ( oman )