Rapat Pleno Terbuka Penghitungan Perolehan Suara Hasil Pemilu 2024 untuk Kelurahan Kebonsari Kulon

  • Feb 20, 2024
  • mas oman
  • Seputar Pemilu

Probolinggo  ( 20/02/24 ) Hari ini Selasa tanggal 20 Februari tahun 2024 telah dilaksanakan rapat pleno terbuka untuk penghitungan perolehan suara hasil pemilu tahun 2024 tingkat kecamatan, di mana kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. Kegiatan ini dihadiri beberapa elemen yaitu rekan PPS ,PPK, rekan saksi dari partai politik dan juga pengawas pemilu dari BAWASLU, tak lupa juga dihadiri oleh beberapa KPPS untuk mensupport kegiatan penghitungan suara di tingkat kecamatan

.

Tata cara penghitungan adalah PPS membacakan C Plano yang ditempatkan di tengah-tengah Pendopo untuk bersama-sama diketahui oleh para saksi, kemudian Panwas PPK juga KPPS dan untuk rekan PPK mensinkronkan dengan data yang ada di website Si Rekap. Untuk kelurahan Kebonsari Kulon terdapat 42 TPS dan daftar pemilih tetap ( DPT ) kurang lebih sebanyak 11 ribu .

 

Kegiatan ini dimulai tanggal 17 hingga tanggal 21 Februari 2024 ( terjadwal) tapi di tanggal 20 Fberuari 2024,kegiatan sudah bisa diselesaikan, atas kerjasama seluruhnya termasuk juga dukungan dari KPPS. Dari hasil penghitungan di tingkat kecamatan itu akan dilanjutkan ke tingkat kota dan itu disebut dengan D - hasil rekapitulasi .

Kegiatan ini cukup menyita waktu terkadang petugas menghitung suara itu menghitung mulai dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 10.00 malam sehingga hasil daripada penghitungan ini adalah benar dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya untuk tingkat selanjutnya. ( oman )

 

 

Berikut hasil wawancara KIM Mawar Putih bersama Ketua PPS Kel.Kebonsari Kulon :