Bagikan Tas Belanja dari Bekas APK Pemilu,Pj Wali Kota Probolinggo dan PAPESA di HPSN 2024

  • Feb 22, 2024
  • mas oman
  • Seputar Lingkungan

Sampah alat peraga kampanye (APK) peserta pemilu bisa dimanfaatkan untuk digunakan kembali. Seperti dilakukan Paguyuban Peduli Sampah (Papesa), yang mengolah sampah APK itu menjadi tas belanja. Tas belanja dari bahan bekas APK itu dibagikan kepada masyarakat di Pasar Baru, Kota Probolinggo, Kamis (22/2/2024).

 

Penjabat (Pj) Wali Kota Probolinggo, Nurkholis. Giat yang dimotori oleh Papesa itu juga didukung oleh PT Pegadaian, PT KTI, Indomaret serta Bank Sampah Kenari Indah. Nurkholis  berkeliling pasar didampingi Sekda drg. Ninik Ira Wibawati, Asekbang Wawan Soegiyantono, Kadis DLH Retno Wandansari serta anggota Papesa.Juga turut hadir membagikan tas, Ketua KPU Ahmad Hudri dan Ketua Bawaslu Johan Dwi Angga.

Nurkholis mengapresiasi upaya pengolahan sampah APK itu. “Sisa APK tidak boleh dibakar dan tidak boleh dibuang ke TPA (tempat pembuangan akhir). Bagaimana solusinya? Teman-teman itu berkreasi, sehingga bekas APK dibuat tas yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata dia. Ke depan, Nurkholis mendorong upaya pemilahan dan pengolahan sampah di Kota Probolinggo.

Para pelaku usaha juga diminta berperan aktif. Ia mengatakan, sudah ada peraturan wali kota yang mengatur pengurangan sampah bagi pelaku usaha. Para pelaku usaha di Kota Probolinggo pun diharapkan dapat lebih peduli terhadap masalah sampah ini. “Mudah-mudahan ke depan lebih banyak lagi pengusaha yang peduli terhadap sampah, bisa menyisihkan sebagian anggaran untuk membantu teman-teman memperbanyak tas ramah lingkungan,” ujar Nurkholis. ( oman )

Berikut hasil wawancara kami bersama Pj Walikota dan ketua Papesa :