Bapak Noor Aly - Camat Kanigaran membuka Kegiatan Koordinasi Pengembangan Potensi Lokal Dalam Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan bersama Deskranada Kota Probolinggo

  • Mar 05, 2024
  • mas oman
  • Seputar PKK, Seputar Pemerintahan

Probolinggo ( 05/03/24 ) Bertempat di Ruang Pertemuan Deskranada Lantai 2 Kota Probolinggo  Kelurahan Kebonsari Kulon melalui LPM mengadakan Kegiatan Koordinasi Pengembangan Potensi Lokal Dalam Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan bersama Deskranada Kota Probolinggo. Kegiatan di hadiri Bapak Camat Kanigaran ,Noor Aly  Bapak Lurah Kelurahan Kebonsari Kulon  Ikromi Widata Utama, Bapak Ketua LPM. Yeko  ,ketua KIM Mawar Putih, Oman dan Ibu Ibu Kader PKK dan pelaku UMKM Se Wilayah kelurahan Kebonsari Kulon.

 

 

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan nara sumber dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMP)  Bapak Choirul Arifin yang merupakan Kepala Bidang Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dan Ibu Rani Yusticia selaku Analis Kebijakan. Kegiiatan kordinasi dibuka langsung oleh Bapak Camat ,Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi kepada Bapak Lurah Ikromi dan semuanya yang terkait bahwasanya penting sekali untuk mengembangkan potensi lokal di masing masing kelurahan, dimana ini bisa memberikan ruang untuk para pelaku UMKM di wilayah masing masing ,dengan tujuan untuk memperkenalkan potensi potensi yang ada sehingga menambah ketertarikan para investor untuk datang ke kota Probolinggo . termasuk juga dengan dibentuknya paguyuban UMKM yang ada di wilayah Kelurahan Kebonsari Kulon khususnya sehingga dengan dibentuknya paguyuban UMKM sebagai wadah para pelaku UMKM dalam pengembangan yang lebih terarah dan menyelesaikan permasalahan yang dimiliki tiap UMKM.

 

Bapak Kabid DKUMP ,Choirul Arifin dalam penyampaiannya membahas tentang bagaimana cara mengembangkan UMKM itu sendiri, Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi ekonomi tinggi dan mulai diperhatikan dunia internasional. Indonesia kini tengah berpacu dalam pasar global atau disebut dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang telah dimulai pada tahun 2015.Keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ditengah persaingan perdagangan bebas sangat penting dalam mendorong pembangunan ekonomi bagi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.Penguasaan teknologi merupakan salah satu faktor penting bagi pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

 

Di negara-negara maju keberhasilan usaha kecil menengah ditentukan oleh kemampuan akan penguasaan teknologi. Strategi yang perlu dilakukan dalam peningkatan akses teknologi bagi pengembanganUMKM adalah memotivasi berbagai lembaga penelitian teknologi yang lebihberorientasi untuk peningkatan teknologi sesuai kebutuhan , pengembangan pusat inovasi desain sesuai dengan kebutuhan pasar, pengembangan pusat penyuluhandan difusi teknologi yang lebih tersebar ke lokasi-lokasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Berbicara tentang inovasi ada inovasi UMIK HEBAT yang E-Commerce yang hadir memberikan solusi mencari produk oleh-oleh Khas IKM/UKM Kota Probolinggo dengan Mudah dan Cepat. bisa dikununjungi websitenya di url berikut : https://umikhebat.probolinggokota.go.id/  UMIK HEBAT merupakan aplikasi berbasis web pertama yang dimiliki oleh Pemkot Probolinggo yang di dalamnya menjual produk hasil karya UMKM di lingkungan Kota Probolinggo. UMIK HEBAT sendiri merupakan akronim dari Usaha Mikro Makanan Minuman, Konveksi, Handycraft, Batik dan Bordir.Banyak cara cara bagaimana memajukan UMKM secara mandiri dan komunitas yang disampaikan oleh bapak Choirul Arifin ,tinggal bagaimana kita sendiri yang harus punya keinginan untuk maju, Pemerintah Kota Probolinggo siap untuk mendampingi hingga menjadi UMKM yang sukses.

Berikut hasil wawancara kami bersama Bapak Noor Aly selaku Camat Kanigaran : 

Kegiatan dibagi menjadi 2 sesi dan berjalan hingga selesai pukul 14 12 WIB dan diakhir dengan Foto bersama  . ( oman )